Langkah - langkah penyetelan (Stem) gitar secara manual dan digital



Gitar merupakan sebuah alat musik petik yang mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sebuah band. Seorang gitaris (pemain gitar) akan mengisi harmoni dan melodi sebuah karya musik. Untuk dapat dimainkan dengan baik, sebuah gitar harus disetting atu distel dulu nadanya agar nada yang dihasilkan tidak sumbang atau fals.

Penyetelan nada gitar adalah cara untuk mendapatkan setelan atau harmoni nada standar yang telah menjadi patokan nada pada gitar. Cara yang dilakukan adalah dengan mengatur tingkat kekencangan senar gitar untuk mendapatkan nada yang diinginkan.


Nada standar pada gitar adalah E-A-D-G-B-E dengan urutan dari senar nomer 6 (Bass / paling besar ukuran senarnya) atau yang paling atas ke senar nomer 1 (paling kecil) dibagian paling bawah. Saat kita menginginkan nada dasar A, kita dapa menggunakan garputala nada A, atau juga bisa menggunakan alat musik lain yang sudah standar nadanya seperti piano.

Dalam prakteknya dikenal ada 2 (dua) cara dalam melakukan penyetelan nada gitar, yaitu cara penyetelan manual dan cara penyetelan nada dengan bantuan alat atau digital.


Untuk cara yang pertama yaitu penyetelan nada secara manual, kita benar-benar harus menggunakan Feelinguntuk mendapatkan nada yang diinginkan. Hal ini karen cara manual mengandalkan patokan suara atau bunyi nada.

Untuk melakuna proses penyetelan nada gitar, kita harus mengatur tingkat kekencangan senar gitar hingga diperoleh nada yang diinginkn. Caranya adlah dengan memutar tuas pemutar senag gitar (Turning Machine) yang terdapat di bagian kepala gitar (Head Guitar).

Disini kita akan mengunakan nada dasar E untuk senar nomer 6. Cara penyetelan nada yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Ambil alat yang akan dipakai sebagai pembuat patokan nada, bisa garputala, piano, atau lainnya. Cari nada E dan samakan nadanya dengan memetik senar nomer 6 tanpa di tekan pada bagian senarnya(open string). Setelah mendapatkan nada yang sama selanjutnya lanjut ke langkah ke dua.
  2. Tekan senat nomer 6 pada kolom atau fret ke 5, petik bersamaan dengan senar nomer 5 yang dalam kondisi open string, samakan nada kedua senar tesebut, kalo udah klop lanjut ke langkah ke tiga.
  3. Tekan senar nomer 5 pada kolom atau fret ke 5, petik bersamaan dengan senar nomer 4 yang dalam kondisi open string, samakan nada kedua senar tesebut, kalo udah klop lanjut ke langkah keempat.
  4. Tekan senar nomer 4 pada kolom atau fret ke 5, petik bersamaan dengan senar nomer 3 yang dalam kondisi open string, samakan nada kedua senar tesebut, kalo udah klop lanjut ke langkah ke lima.
  5. Tekan senar nomer 3 pada kolom atau fret ke 4, petik bersamaan dengan senar nomer 2 yang dalam kondisi open string, samakan nada kedua senar tesebut (Ingat pada langkah ini kita tidak menekan fret ke 5 pada senar nomer 3 melainkan menekan fret ke 4 untuk mendapatkan nada B) , kalo udah klop lanjut ke langkah ke enam.
  6. Tekan senar nomer 2 pada kolom atau fret ke 5, petik bersamaan dengan senar nomer 1 yang dalam kondisi open string, samakan nada kedua senar tesebut.
Setelah semua nada telah sesuai dengan standar, maka dapat dikatakan proses penyetalan nada gitar secara manual telah selesai. Selanjutnya tinggal mainkan nada gitar dengan chord - chord tertentu barangkali masih terasa ada nada yang kurang tepat dapat dialkukan pengecekan ulang seperti langkah - langkah diatas.

Berbeda dengn cara manual yang mengandalkan patokan suara, pada penyetelan secara digital kita dapat menggunakan sebuah alat yang disebut Chromatic Tuner elektronik. Dengan alat tersebut nada yang kita inginkan dari sebuah senar akan ditampilkan pada displai alat tersebut, sehingga akan mempermudah proses penyetingan nada gitar.


Untuk dapat menikmati suara gitar yang telah kita setel dengan kualitas maksimal tentunya dibutuhkan juga sebuah sound system yang bagus, maka dari itu penyetingan sound juga ada baiknya dikuasai oleh seorang penikmat seni musik.

Demikian metode yang kami pakai saat melakukan penyetelan nada pada gitar yang biasa kami lakukan. Mungkin dari sobat sekalian memiliki metode yang lainnya silakan boleh saling share. Apapun metodenya tujuannya adalah sama yaitu mendapatkan nada gitar yang sempurna tidak fals atau sumbang.

Post a Comment