Pelajaran hidup dari manga

Mungkin bagi orang yang belum pernah meononton anime ataupun membaca manga akan berpikir bahwa anime dan manga diperuntukan untuk anak kecil, hanya sebagai hiburan di waktu senggang , namun itu jelas berbeda pada kenyataanya, karena anime atupun manga sendiri memiliki beraneka ragam genre, dan adapun jenis manga/anime berdasarkan batas umur pembacanya, contohnya death note, umur minum untuk membaca manga ini adalah 15 tahun.


Kalian tidak akan hanya mendapatkan hiburan lucu dari membaca manga, namun banyak manga yang bisa meningkatkan talenta kalian, jika kalian ingin menjadi BIN (badan intelegen)  kalian dapat membaca komik bergenre detektif ataupun yang masih berhubungan, tentunya dengan taktik-taktik yang kalian tonton akan meningkatkan intelektual kalian untuk memeahkan suatu masalah, tak hanya tentang detektif kalian dapat menemukan berbagai manga dengan genre kalian.


Pelajaran hidup yang dapat kita petik dari manga ataupun anime


DENGAN TEKAD DAN KERJA KERAS, IMPIAN KALIAN AKAN TERCAPAI
Saiko dan Takagi yang tak menyerah walau serialisasi mereka berakhir

Belajar dari tokoh manga, banyak yang bisa kita contohkan seperti Naruto, Mashiro, Takagi mereka memiliki tekad yang kuat, dan tak hanya itu seberapa kali mereka gagal dan dicela, mereka bangkit lagi. 

Mungkin terdengar mudah untuk menyemangati orang untuk bangkit lagi, namun jika kalian benar-benar mencintai dan ingin mewujudkan impian kalian  seberapa kalipun kalian jatuh, pasti kalian berusaha untuk bangkit mencari jalan keluar lain, karena lebih menyakitkan untuk melepaskan segala sesuatu yang telah kalian bangun dibanding bangkit lagi.

PERSAHABATAN ADALAH SEGALANYA
NARUTO CS tanpa menyerah melawan madara

Tidak sulit untuk menemukan orang-orang yang ingin berteman berdasarkan kekayaan kalian, begitulah kehidupan sekarang, kita harus lebih bisa mencontoh tokoh-tokoh di manga/anime, mereka memiliki loyalitas terhadap sahabat mereka, tak hanya bersama disaat senang ataupun datang di saat perlu, persahabatan mereka yang tak jarang terjadi pertengkaran, namun akan saling memaafkan tanpa ada dendam sedikitpun, itulah persahabatan yang harus kita contoh.



PADA AKHIRNYA YANG JAHAT AKAN KALAH
SI WON menang dengan terhormat sebagai ketua klan SUN WO
Jika kalian pernah berpikir kenapa orang-orang yang kalian lihat melakukan sesuatu jahat malahan hidupnya selalu dilimpahkan keberunungan, sedangkan kalian yang bahkan telah melakukan hal baik sehari-hari malahan selalu menerima karma buruk, janganlah berpikir bahwa tuhan jahat dan tidak sayang pada kalian. 


Seperti halnya pada anime, jika kalian menonton anime endingnya selalu berakhir dengan yang jahat akan kalah, jika yang jahat masih menang berarti masih ada season yang akan datang, begitu pula dengan hidup kita, jangan pernah berpikir perbuatan baik kalian selama ini merugikan ataupun perbuatan jahat kalian tidak akan mendatangkan karma buruk.


JANGAN TAKUT JIKA ITU BENAR
Keberanian dan tekad siwon sebagai seorang ketua klan Sun Wo



Sudah menjadi penyakit bagi masyarakat untuk membenarkan yang biasa bukan malah membiasakan yang benar, tutup telinga dan tutup mata terhadap kejadian yang ada didepannya.


Seuatu yang salah yang dibenar-benarkan demi kepentingan sekelompok orang, dan ketika orang berkata jujur justru malah dikucilkan, beginilah sekarang ironi di masyarakat,


Dari anime kita belajar bahwa jangan takut untuk mengatakan hal yang benar, mungkin mengatakan hal yang sebenarnya tidak selalu menyebabkan sesuatu yang baik, namun kita tahu pasti dengan mengatakan kebohongan akn menimbulakan hal yang lebih buruk di kemudian hari.

JANGAN MENYERAHKAN MASA DEPAN KALIAN KARENA MASA LALU


Apa kalian selalu menoleh kebelakang mengingat masa lalu kalian? tidak ada salahnya hanya menoleh kebelakang agar tidak mengulangi kesalahan masa lalu, namun ingat jangan telalu masuk kedalam masa lalu kalian, merenungi kesalahan kalian, karena seberapa keras kalian memikirkan hal yang telah lalu tersebut, kalian tidak akan  bisa untuk memperbaikinya lagi.



Begitu pula kita dapat belajar dari manga Black Butler  contohnya ciel phantomhive, bagaimana dia hidup untuk masa lalunya membalaskan dendam yang telah berlalu bahkan rela menyia-nyiakan masa depannya, tentu kalian tidak mau hidup dengan bayang-bayang masa lalu.

"Kita pernah salah, pernah jahat, karena kita semua manusia, perbaikilah dengan menghargai hari ini dan masa depan kalian"

 Semoga dengan menonton anime tak hanya hiburan yang kita dapatkan, namun bisa membuka pandangan kita terhdap sesuatu yang baru dan lebih baik.

Post a Comment