mewarnai mata manga dengan manga studio



Kurang lebih seminggu lalu, pesanan xp pen tablet saya akhirnya datang juga, jadi stelah mencoba bagaimana perbandingan antara menggambar di atas kertas dan diatas tablet, tentunya ada rasa sedikit terkejut, susahnya mengatur tekanan pada pen sehingga susah untuk membuat garis yang lurus ataupun outline yang halus.

Setelah beberapa hari berkutit pada manga studio dan photoshop, kali ini saya akan memberikan tutorial cara mewarnai mata anime dengan manga studio, langkah-langkah nya sangatlah dasar dan mudah diikuti bahkan jika ini adalah pertama kali kalian mendengar manga studio.



LANGKAH-LANGKAH
Setelah kalian membuka aplikasi manga studio kalian, klik file> new>pilihlah ukuran kertas yang kalian ingin.

Mulailah menggambar sketsa mata anime kalian, saya menggambar sketsa anime cowok.

Setelah itu klik new layer, di tanda panah diatas.

Jika kalain belum bisa menggambar mata manga, kalain dapat membaca tutorialnya di: Cara menggambar mata manga dan perspektifnya


Pada layer 2 mulailah menggambar outline mata anime kalian dengan G-pen, pilihlah warna sesuai dengan kalian inginkan.








Untuk memudahkan kalian dalam proses pewarnaan mata, hilangkanlah tanda mata pada layer pertama untuk menghilangkan sketsa mata anime.





Langkah selanjutnya gunakan marker untuk mewarnai bulu mata anime dan kelopak mata.





Langkah selanjutnya gunakan airbrush untu mewarnai iris mata anime, pilihlah warna dasar yang kalian ingin lalu pilihlah warna yang paling muda (terang)



Selanjutnya masih menggunakan airbrush, gunakan warna dasar yang sama namun lebih tua, warnailah pada bagian atas iris mata anime.




Gunakan marker warna hitam dan setting ukuran brush untuk membentuk lingkaran sempurna pada tengah iris mata.




Selanjutnya kembali lagi ke air brush, buatlah gradasi pada iris mata manga, pada bagian iris mata yang paling atas berwarna paling gelap sebaliknya dengan bagian iris mata paling bawah.




Gunakan airbrush warna putih untuk membuat refleksi cahaya pada mata manga.










Gunakan air brush dan pilihlah warna yang terang namun sesuai dengan warna iris mata anime kalian, lalu warnai pada refleksi cahaya mata anime dan bagian bawah iris.




Gunakan airbrush berwarna abu-abu untuk mewaranai pada bagian pinggir mata anime.



Gunakan airbrush  berbagai warna cream hingga coklat, untuk mewarnai kelopak mata manga dan juga bulu mata manga, gunakan lah warna coklat muda hingga gelap pada bulu mata manga, agar menciptakan gradasi warna.

Gunakan tool blend pada kelopak mata dan bulu mata, untuk membantu membuat warna-warna tersebut menyatu.






Langkah terakhir gunakan G-pen berwarna putih untuk mewarnai sekitaran refleksi cahaya mata anime dan bulu mata bertujuan untuk mempertegas warna.




TIPS
Ketika kalian belajar menggambar secara digital dengan melihat tutorial-tutorial, gunakanlah itu sebagai dasar pengenalan tools pada software menggambar tersebut, kalian harus mencoba-coba berbagai tools yang disediakan, jangan takut mencoba, jangan terlalu terpaku pada tutorial gunakan imajinasi dan kreativitas kalian, mungkin kalian bisa menemukan tekhnik menggambar digital yang lebih jenius.







Semoga tutorial kali ini dapat membantu kalian yang ingin belajar mewarnai dengan manga studio, keep sketching !!!

Post a Comment