Cara meningkatkan skill menggambarmu

Ketika teman-teman saya melihat saya sedang menggambar, mereka mengatakan "enak kamu bisa menggambar, aku juga ingin bisa menggambar" mungkin banyak orang yang kalian dengar mengatakan hal seperti itu, langsung saya menjawab "Tak ada orang lahir langsung bisa menggambar, semua melalui proses" karena "Passion is born but talent is build" karena ketika passion kalian tak dibarengi dengan kerja keras untuk mengembangkanya, passion tak akan berkembang menjadi talent.

Menggambar membuat kalian lebih peka terhadap sesuatu, ketika kalian menggambar kalian akan menganalisa, kalian akan belajar mengenai proporsi sesuatu, perlahan kalian akan mengerti tentang pewarnaan, highlight, bayangan.

Untuk kalian yang ingin meningkatkan skill gambar kalian, kalian ditempat yang tepat, dibawah ini beberapa tips untuk kalian: 

     
  1. Tentukan jenis gambaran kalian
  2.  
    tidak menutup kemungkinan jika kalian adalah artist yang mahir menggambar dalam cara yang beraneka ragam, misalnya kalian bisa menggambar manga, potrait dan pemandangan namun akan lebih baik jika kalian fokus dalam satu hal yang paling kalian sukai, contoh saja kalian memilih menggambar manga, jadi kalian harus fokus dalam menggambar berbagai mengenai manga, jika kalian memilih untuk bisa berbagai jenis gambar, fokus kalian akan terbagi-bagi, itu akan menambah lama perjalanan kalian  dalam meningkatkan skill menggambar. 
  3.  
  4. Cari referensi
  5.  
    ini bukanlah plagiat, ketika kalian sudah menentukan jenis gambar kalian yang perlu kalian lakukan selanjutnnya adalah mencari referensi, siapa pelukis favorit kalian? siapa mangaka favorit kalian? apa yang dapat kalian peajari dari meniru artist favorite kalian? BANYAK SEKALI. Kalian akan menganalisa gambar mereka, bagaimana mereka menggambar seperti itu, seperti apa art style mereka, dan dengan proses tersebut kalian akan secara alami menemukan style kalian.
  6.  
  7. Foto
  8.  
    apa yang kita akan lakukan dengan foto? tentu saja foto sangat berguna, apa kalian perlu menggambar anatomi? foto adalah jawabannya, ketika kalian ingin menggambar suatu pose tertentu, cobalah suruh teman anda untuk berpose seperti yang kalian inginkan dan fotolah, dari foto itu kalian  dapat membuat sketsanya, ini sangat membantu saya.
  9.  
  10. Cermin
  11.  
    apa kalian akan menggambar ekspresi wajah? sungguh sulit untuk membanyangkan? nah cobalah kaian siapkan cermin yang cukup lebar, ketika kalian ingin menggambar ekspresi wajah ataupun sedang kesulitan, cobalah kalian peragakan ekspresi wajah yang kalian inginkan dan mulailah membuat sketsa, ini jauh lebih mudah bukan?
  12.  
  13. Gambar berbagai bentuk, berulang-ulang
    cobalah menggambar berbagai bentuk seperti lingkaran, garis lurus dan lainnya berulang-ulang hingga bentuknya sempurna, karena setiap kalian menggambar suatu objek pasti kalian akan menemukanbentuk dasra-dasar seperti lingkaran, garis lurus, melengkung dan sebagainya, contoh saja kalian menggambar pola kepala, pasti kalian harus bisa menggambar lingkaran yang sempurna sebelumnya.
  14.  
  15. Gunakan kuas
  16.  
    brush pen
    jika biasanya kalian hanya menggunakan drawingpen yang sudah jelas ketebalan garisnya, kali ini cobalah menebalkan sketch kalian dengan kuas, kalian dapat membuat alur line kalian, memang pada awalnya akan terasa lebih sulit namun ketika kalian sudah mampu menguasai kuas, kalian tidak akan ingin menggunakan drawingpen lagi.
  17.  
  18. Gambarlah berbagai detail rumit
    gambar latar sekolah

    apa kalian memiliki permasalahan dengan tingkat kesabaran? apa ditengah-tengah menggambar kalian ingin cepat-cepat menyelesaikannya? saya pernah diposisi kalian, ingin menyelesaikan dengan cepat dan ingin membuat gambar baru, karena sudah jenuh. Nah hal yang dapat kalian lakukan adalah melatih kesabaran kalian dengan cara menggambar objek yang rumit, cobalah menggambar background kota yang padat dengan bangunan, pertokoan, mobil dan motor dengan sangat detail, cobalah menggambar dan jangan memaksakan ketika anda sudah mulai jenuh, istirahatlah sebentar dan cobalah jadikan kopi sahabat anda, karena disamping enak , kopi juga meningkatkan energi anda agar lebih fokus.
  19.  
  20. Menggambarlah secara intensif
  21.  
    tips diatas tidak akan berguna jika kalian tidak melakukan hal yang satu ini, cobalah menggambar setiap hari, jika kalian ingin melakukan sesuatu pasti kalian akan meluangkan waktu kalian, jangan mengambil alasan sibuk. Cobalah membawa sketchbook yang berukuran A5 dalam tas kalian, diwaktu kesibukan kalian ada sedikit waktu senggang, cobalah latih jari dan tangan kalian.
Semoga tips meningkatkan skill gambar ini dapat membantu kalian, happy sketching :D

    Post a Comment