Alat-alat menggambar mangaka professional


Apa kalian sedang belajar menggambar manga? mungkin yang kalian butuhkan pada umumnya adalah pensil, penghapus, penggarin, kertas bergambar dan lainnya. Namun bagaimana dengan seorang mangaka? apa saja yang mereka perlukan untuk membuat manga? Nah dibawah ini adalah alat tempur mangaka yang wajib dimiliki mereka.

Alat untuk menggambar manga:


  • Pensil
     Pensil mekanik mekanik biasanya dipilih karna tingkat keefesiennya dan hasilnya lebih maksimal,dibanding dengan pensil kayu biasa pensil mekanik jauh lebih mudah dan efisien dikarenakan tidak perlu untuk meraut dan tentunya karna ukuran mata pensil lebih tipis, yang memudahkan untuk membuat sketch kasar yang lebih detail.

    Pensil mekanik biru ini bukan hanya berwarna biru, tapi berlabel kan non-photoghapic, banyak mangaka menggunakan pensil ini untuk menggambar sketsa manga, karena pensil biru ini tidak akan tampak jika di-scan atau di-copy.
  • penghapus
    Setelah membicarakan pensil, pastinya penghapus adalah temannya. Jika kita menggambar apapun hal yang dasar harus dimiliki adalah penghapus, pilihlah penghapus yang lembut tak merusak kertas dan tidak banyak mengeluarkan kotoran,umumnya mangaka memiliki penghapus dengan berbagai ukuran, contonya monozero untuk menghapus bagian-bagian yang sangat kecil, ataupun penghapus dengan ukuran sangat besar untuk menhapus latar belakang atau apapun yang berukuran besar.
  •  
  •  kneable eraser
  •  Kneable eraser ini teksture nya mirip dengan plastisin, kalian dapat membagi-bagi penghapus ini sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan, dan kalian dapat menyatukan nya lagi, penghapus ini sangat lembut dan tak meninggalkan kotoran hasil hapusan.
  • Penggaris dan drawing template



    curved french ruler
    Curved french ruler adalah penggaris yang digunakan untuk membuat background, efek-efek lainya pada manga dan menggambar segala sesuatu yang melengkung-lengkung.Drawing template adalah penggaris dengan berbagai bentuk, yang biasanya mangaka professional harus miliki untuk memudahkan membuat bentuk-bentuk tertentu.
    Kertas manuscript 

     
     Kertas ini adalah kertas yang biasa dipakai oleh mangaka, karena dilengkapi dengan garis pembatas dan lengkap dengan cm nya.

  • Manga manikins

      Untuk menggambar manga, seorang mangaka harus mengetahui anatologi tugbuh manusia, untuk itu diperlukan manikins ini, untuk memudahkan dalam proses menggambar gerak-gerakan manga.
  •  
  •  Feather sweeper
    Mungkin diantara kalian menganggap ini tidak penting, namun pernah kalian bayangkan jika mangaka harus meniup-niup bekas hapusan pengghapus? ataupun mengibas-ngibaskan manuscripct mereka? pasti memerlukan waktu ekstra dan tidak efesien, bahkan mungkin bisa mengotori ataupun membuat kertas manuscript kusut. Jadi Feather sweeper ini tidak kalah penting juga.





  • Alat untuk penintaan

    Pen nib holder



    Pen nib holder adalah batang atau badan untuk memasang mata pena.

Mata pena 



kabura/saji
 Mata pena ini juga biasa disebut Turnip-pen. fungsinya untuk membuat garis agak tebal stabil, hasil garis yang dihasilkan jauh lebih tebal dibanding maru-pen, biasanya digunakan untuk membuat background dan detail lainnya, bisa juga digunakan untuk membuat karakter namun menurut saya hasilnya kurang bagus karena garisnya tebal, dan tinta sering belobor.
    G-pen

    G-pen merupakan mata pena yang sering digunakan oleh mangaka professional untuk menggambar katakter, karena tebal dan tipis garis yang dihasilkan bisa divariasikan, meski untuk menguasai G-pen ini membutuhkan latihan khusus dan teratur. Karena aliran tintanya kurang mulus dibandingkan 2 mata pena lainnya. Dalam pemakaiannya haruslah hati-hati, tidak menekan terlalu keras karena dapat membuat mata pena merenggang dan usahakan setelah memakai mencuci di ari mengalir, agar tidak cepat mengkarat.
      
     
    maru pen


     Maru -pen ini adalah mata pena dengan bentuk bulat, sedangkan 2 mata pena lainnya berbentuk setengah lingkaran, mata pena ini biasa digunakan untuk membuat background karna maru-pen ini memiliki ujung yang runcing yang menghasilkan garis tipis, mulus dan stabil. Namun maru-pen juga biasa digunakan untuk membuat karakter manga untuk detail ataupun membuat karakter manga dengan ukuran kecil.






    Tinta hitam ini biasa digunakan untuk prose penintaan dengan bantuan pen holder dan jenis-jenis mata pena.


     
    Tinta putih biasa digunakan untuk menghapus bagian yang terkena coret, namun tidak akan kelihatan ketika di-scan nantinya.
     Fude pen
     Fude pen digunakan oleh mangaka untuk mewarnai rambut manga, ataupun benda-benda yang berwarna hitam pekat lainnya.

     
    Pulpen tinta putih




    Pulpen tinta putih digunakan untuk membuat garis-garis halus berwarna putih pada rambut manga, untuk memberikan kesan tekstur rambut ataupun penghalang antara rambut dan pakaian yang sama-sama hitam.




    Alat yang digunakan untuk mewarnai:




     Copic



    Copic marker adalah salah satu marker professional yang tak hanya untuk menggambar manga, copic adalah marker serba guna biasa digunakan juga oleh arsitek, fashion designer dan artist lainnya.Copic memiliki 358 warna, yang harganya cukup menguras kantong, namun sebanding dengan hasil yang didapat.



    Prisma color





    Prisma color adalah salah satu pencil warna artist professional, yang harganya lumayan mahal. Namun dengan hasil yang diberikan dan banyaknya warna yang dihadirkan, prismacolor ini tetap menjadi senjata para artist termasuk mangaka.

    WATERCOLOR



    Watercolor? kalian mungkin berpikir mangaka biasanya mewarnai manganya dengan copic, benar, namun jika kalian membaca shoujo manga, mungkin kalian akan menyadari bahwa mangaka juga mewarnai manganya dengan watercolor.

    Menurut saya untuk pemula, watercolor adalah pilihan yang tepat untuk memulai mewarnai manga kalian, kenapa? tidak hanya lebih murah dari copic, dengan hanya 12 warna kalian bisa menciptakan ratusan warna yang kalian inginkan.


    Bagaimana? apakah kalian yang ingin menjadi mangaka telah memiliki salah satunya? 
    yang terpenting adalah practice practice practice!!!! 



    " Karena tugas seorang artist, membuat sesuatu dari hal biasa menjadi mahakarya"





    Post a Comment