Step dalam menerbitkan manga

Apakah kalian suka membaca manga? mungkin beberapa kalian bertanya bagaimana proses pembuatan suatu judul manga bukan? dalam proses pembuatan manga memerlukan banyak tahapan yang dilalui seorang mangaka, dari membuat ide, mencari referensi mengenai ide tersebut dan tentunya banyak inovasi dan tujuan dari projek manga tersebut, agar suatu manga tersebut tak hanya menghibur namun dapat memberikan inspirasi bagi pembacanya.

Untuk membuat manga ada beberapa tahapan yang biasa profesional mangaka lakukakan:
  1.  SINOPSISsetelah kalian mendapatkan ide untuk manga kalian, mulailah buat sinopsis, dan yang harus kalian tentukan: apa tema manga kalian? (mecha,shoujo,shonen,action atau yang lainnya), siapa tokoh utama? apa tujuan dari tokoh utama?(Death Note, Light Yagami:membuat dunia baru dengan menghakimi kriminal) apa latar tempat dan waktu manga kalian? (black butler kerajaan inggris)
  2.  
  3. Desain karakter  setelah kalian membuat plot manga kalian, setelah menentukan tokoh-tokoh dalam manga, mulailah menggambar tokoh manga sesuai dengan sifat karakter, jauh lebih baik jika kalian bisa menggambar tokoh manga kalian se-spesifik mungkin dan se-unik mungkin dan tentunya setiap tokoh manga memiliki karakter nya masing -masing.
    Walau dengan baju yang sama kita dapat dengan mudah membedakan Light dan L, karena mereka memiliki karakter wajah yang berbeda, namun kita sering melihat kasusu dimana kita sulit membedakan antara tokoh yang satu dengan yang lain di judul manga yang sama.
  4.  
  5. Storyboard/ name adalah sketsa kasar dari cerita manga, biasanya menggunakan kertas berukuran A4,yang memuat apa,siapa,dimana,mengapa,kapan dan bagaimana, agar lebih mudah dalam membuat detail cerita dan suasana, biasanya name dibuat tidak terlalu bagus karena, yang terpenting editor mengerti dan dapat merefisi name.
    name

  6. Manga manuscipt, setelah kalian selesai membuat storyboard atau name dan telah disetujui oleh editor, mulailah kalian menggambar manga yang sesugguhnya dengan pensil lalu tebalkan dengan tinta, lengkapi dengan panel, screentone dan efek-efeknya.
    manuscript
  7. Proses penjilidan, apa kalian tahu bagaimana proses penjilidan tersebut? manuscript  kertas berukuran A4 akan melalui proses pengeditan lalu manuscript tersebut akan dipotong menjadi ukuran B5, sesuai dengan ketentuan percetakan.




    Segitu dulu informasinya, semoga dapat membantu teman-teman yang ingin menjadi mangaka. fighting!






Post a Comment