My charcoal art supplies

Apakah kalian menggambar dengan charcoal? atau kalian tertarik untuk mencoba menggambar dengan charcoal? kali ini saya akan memperkenalkan alat-alat yang biasa saya gunakan untuk menggambar charcoal art.

Alat-alat yang simple dan mudah kalian dapat di art store, so check it out!



PENSIL

Pensil yang saya gunakan dalam menggambar sketsa  charcoal art biasanya  6H, karena teksturnya yang keras jadi garis yang dibuat pada kertas akan sangat tipis, jadi ketika kita mulai mengarsir gambar ataupun membuat shading gambar, garis sketsa awal kita tidak akan kelihatan setelah kita mem blend.


HARD COMPRESSED CHARCOAL STICK







Ini adalah jenis charcoal yang memiliki tekstur yang paling keras dibandingkan dengan yang lainya, jenis charcoal ini ada yang berbentuk stick dan ada pula yang berbentuk pensil, karena tekstur nya yang cukup keras dan warna nya yang paling hitam pekat ini, compressed charcoal biasanya diperuntukan untuk mewarnai rambut ataupun pakaian pada gambaran.

 SOFT CHARCOAL PENCIL


Soft Charcoal pencil, soft charcoal memiliki 2 jenis ada yang berbentuk pencil dan stick, soft charcoal ini memiliki tekstur yang cukup lembut, lebih lembut dibanding hard compressed namun lebih keras dibanding vine charcoal, karena berbentuk pensil dan tekstur nya cukup soft  biasanya charcoal jenis ini digunakan untuk membuat outline mata ataupun membuat sketsa wajah, tergantung pada kreativitas pelukisnya.



VINE CHARCOAL


vine charcoal, ini adalah jenis charcoal dengan tekstur yang paling lebut diabanding dengan yang lain, warna charcoal ini ketika di blend berwarna abu-abu gelap, karena teksurnya lembut dan sangat mudah diblend, charcoal ini biasanya digunakan untuk mengarsir wajah atau memberi shading pada lukisan portrait (wajah ).



WHITE CHARCOAL

White charcoal  ada juga yang berbentuk stick dan pencil, white charcoal ini biasa digunakan untuk membuat lukisan pada kertas hitam, ataupun white charcoal ini digunakan untuk membuat detail pada lukisan portrait seperti hlnya sekitaran rambut dan bagian lainnya. 


PENGHAPUS

Hal ini adalah yang harus dimiliki oleh pelukis, penghapus yang digunakan untuk menggambar charcoal art biasanya kneable eraser, hard rubber dan pencil eraser.

 HARD RUBBER

Hard rubber, penghapus jenis ini paling banyak digunakan oleh pelukis, tekstur nya yang keras yang mudah digunakan untuk menghapus bagian-bagian yang besar.


KNEADABLE
Kneadable eraser ini, tekstur nya yang elastis seperti plastisin, jadi penghapus ini bisa dibentuk sebesar yang kalian inginkan, untuk memudahkan menghapus bagian kecil, dan bagusnya lagi penghapus ini tidak mengeluarkan kotoran saat menghapus, namun karena teksur nya yang sangat lembut, penghapus ini tidak cocok untuk menghapus gambaran dengan warna tebal, karena saat kita menggosokan dengan keras ataupun cepat penghapus ini akan mudah berubah bentuknya.


PENCIL ERASER

Pencil eraser ini, memiliki ketebalan yang beragam, semakin kecil keteblan nya semakin mudah kalian gunakan untuk menghapus bagian-bagian tertentu pada portrait art untuk membuat detail-detail gambar, seperti membuat detail pada mata, hidung, bibir dan rambut gambaran.




TORTILLON

Tortillon digunakan sebagai alat bantu untuk mem blend gambaran, pada umumnya  ukuranya ada small, medium dan big, tortillon ini memmang efektif untu memblend arsiran gambar pada bagian-bagian yang kecil dan rumit, namun hal yang perlu kalian tahu adalah jari-jari tangan paling baik dan efektif untuk memblend, kenapa? karena jari-jari kita  yang teksturnya lembut dengan temperatur hangat pada jari kita, dan jari kita memiliki kelembapan, ini adalah faktor kenapa pada saat kita gunakan jari kita untuk membelnd arsiran, blend nya terlihat lebih lembut dan warna nya yang konsisten (tidak belang-belang)



CUTTER 

cutter ini cukup penting dalam menggambar charcoal art, kater ini digunakan untuk meruncingkan charcoal pencil, karena charcoal pencil ini agak soft jadi ketika kita menggunakan rautan, charcoal pencil ini akan patah, dan patah lagi.


Cukup sederhana alat-alat  yang saya gunakan dalam menggambar charcoal art, karena investasi terbesar seorang pelukis adalah skill mereka, menjadi seorang artist (pelukis) sangatlah menyenangkan karena seorang artist memiliki tekhnik yang tak ada habisnya untuk dipelajari.  HAPPY SKETCHING!!!



Post a Comment