Rangkaian Pengisi Accu Otomatis

Rangkaian Pengisi Accu Otomatis adalah rangkaian yang sangat banyak di gunakan di tiap-tiap kendaraan, khususnya kendaraan bermotor. Rangkaian pengisi accu memiliki fungsi untuk menghidupkan mesin dan mengaktifkan sistem kerja pengapian, menjadikan peran aki tidak bisa di sepelekan bahkan menjadi amat penting. Itu sebabnya aki jadi salah satu yang perlu jadi perhatian dan perawatan spesial.

Aki atau accu yang kebanyakan sering di pakai untuk mobil dan motor adalah type accu basah. accu basah yang saya maksud adalah lead acid battery. Sekurang-kurangnya kita harus memperhatikan ketinggian air accu 1 bulan sekali yang bisa kita lihat dari bagian samping accu tersebut. Jangan sampai air yang ada didalam accu sampai menyentuh garis di bawah level minimumnya sebab akan mengakibatkan kerusakan sel accu itu sendiri.


Ciri-ciri accu yang telah rusak adalah saat tidak dapat menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangannya turun dari yang semestinya. Umumnya di tandai dengan bunyi klakson yang tidak senyaring pada umumnya, lampu utama tidak seterang pada umumnya, waktu akan starter mesin jadi lebih panjang apalagi dapat lebih parah hingga tidak dapat di starter sekalipun.

Agar dapat mengisi aki otomatis di perlukan rangkaian automatic lead acid baterry charger. Rangkaian yang satu ini akan memberikan arus pengisian ke aki dengan cara konstan, setelah muatan terisi penuh lantas rangkaian pendeteksi tegangan penuh akan otomatis memutus arus pengisian dengan cara otomatis.

Rangkaian automatic charger ini bisa di pakai mengisi aki 6, 12 dan 24 volt, bergantung dari setting pada trimpot vr. kapasitas accu yang dapat di isi maksimal adalah 60 ah, bila anda menghendaki kapasitas yang semakin besar maka komponen scr bisa di ganti dengan jenis yang lebih besar. Rangkaian pengisi accu ini tidak menggunakan relay sebagai pemutus arusnya, namun menggunakan scr sehingga mempunyai tahanan yang semakin baik.

Gambar skema rangkaian diatas adalah rangkaian pengisi accu yang bisa mengisi dengan otomatis pada arus 4 ampere, penggunaan dioda pun mesti memiliki daya kerja pada 4a atau 40 volt.

Post a Comment