My art supplies





Untuk menggambar manga dengan tinta saya tidak terlalu konsen dengan jenis kertas, saya gunakan merek apapun, tapi jika saya ingin menggambar portrait dengan charcoal saya gunakan kertas yang agak tebal merek lyra sketch book, beda halnya ketika menggambar dengan watercolor saya gunakan kertas merek canson, canson harganya cukup murah untuk jenis kertas watercolor namun kualitasnya cukup baik.

Selanjunya pensil,penghapus dan isi pensil, mungkin ini adalah hal yang pasti dimiliki oleh artist. saya memiliki beberapa jenis pensil berdasarkan ketebalannya contonya 6H,2B-8B saya gunakan ketika menggambar portrait menggabungkn antara charcoal dan pensil, namun ketika saya membuat sketch saya biasanya menggunakan pensil 6H, karena hasilnya yang sangat tipis bahkan setelah kalian tebalkan dengan tinta atupun watercolor kalian tidak perlu menghapusnya.



Drawing pen, Berbagai jenis mata pena, nib holder, diatas adalah alat-alat perang saya saat meninta manga .
Palette yang usang, sudah lama saya menggunakan 2 palette diatas untuk membantu proses penintaan, ketika saya meninta manga dengan G-pen atau dengan kuas sebelumnya saya tuangkan tinta ke palette karena wadah tinta yang agak besar dan berwarna hitam sulit untuk memperkirakan saat mencelupkan G-pen.


Tinta hitam saya gunakan tinta china, untuk warna putih highlight saya gunakan poster cat warna putih karena cat opaque copic cukup mahal.



beberapa gambar saya menggunakan G-pen


gambar saya menggunakan G-pen kuas dan copic





kadang saya juga suka menggambar hal tradisional bali




Copic dan stabilo berbagai  warna



Kuas watercolor dan cat minyak, saya menggunakan merek lyra untuk watercolor karena harganya yang cukup terjangkau dan kuasnya juga lembut tak merusak kertas.



Charcoal set, ada  compressed charcoal, white charcoal, charcoal stick, soft tortillion dan rubber eraser , cukup bnayak bukan? diatas adalah beberapa alat yang saya gunakan ketika menggambar portrait.
beberapa gambar portrait saya


Cat minyak, saya hanya menggunakannya sekali sejak pertama membeli, saat ke toko alat lukis hasrat ingin mecoba sesuatu baru dan ingin menambah koleksi akhirnya saya membeli 3 warna primer cat minyak.



Karena saya adalah fans berat Light Yagami, loh apa hubungannya? gambar makhluk diatas ada disalah satu photo light, tepat berada dibelakang Light Yagami. Saya menggambar wajahnya saja dengan cat minyak, namun yang lainya dengan watercolor, lalu saya potong dan tempel didinding kamar hehehhe

manikin
Manikin manga yang saya beli ini, apakah cukup membantu saat menggambar anatomi manga? saya katakan tidak, karena posisinya yang berdiri akan susah untuk menggerakan ke posisi yang saya inginkan, jadi sejak pertama saya membeli ini, ini hanya menjadi pajangan, namun jika kalian baru belajar anatomi manga dasar-dasar saya kira manikin ini akan cukup membantu kalian.







Beberapa jenis penggaris


Watercolor yang saya gunakan staedtler dan faber castel , cukup sederhana dan mudah kalian temukan dimana-mana, watercolor merek staedtler  dengan 12 warna, saya telah beli 6 tahun lalu ketika saya kelas 1 SMP cukup lawas dan hingga sekarang warnanya masih lengkap.


Beberapa gambar saya dengan watercolor





Pensil warna, saya tidak suka mewarnai seluruh manga saya ataupun gambar apapun dengan pensil warna, kenapa? karena hanya dengan pensil warna untuk menggambar keseluruhan gambar pasti akan memakan waktu yang lama, jadi biasanya saya gunakan pensil warna untuk memberikan detail pada watercolor ataupun mewarnai hal-hal kecil seperti mata, bibir ataupun hal yang detail lainnya.



Cukup simpel dan mudah untuk diadapat bukan? jika kalian ditahap pemula tidak usah terlalu banyak menghabiskan uang kalian unuk membeli alat-alat lukis yang profesional punya, namun upgrade  lah alat-alat lukis kalian sembari tingkatkan skill menggambar kalian.

Yang perlu kalian ingat bahwa Kim jung gi hanya menggunakan pen brush untuk membuat karya masterpiece nya.

Post a Comment