Contoh Laporan Kerja Praktek





SISTEM INFORMASI LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
BERBASIS WEBGIS

 

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh derajat
Ahli Madya

    

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring dengan kemajuan zaman yang semakin pesat, maka manusia di tuntut untuk mengikuti perkembangan dari dunia itu sendiri, kadang manusia pun tidak memandang waktu dalam melakukan aktivitas sehari-hari, mereka membutuhkan sesuatu yang simpel, salah satunya adalah masalah informasi pariwisata. Untuk mendapatkan informasi pariwisata, biasanya calon wisatawan langsung betanya tanya ke sanak family yang sudah berpariwisata ke tempat tersebut. Hal ini justru membuang-buang waktu dan tenaga khususnya kepada calon wisatawan yang bertempat tinggal jauh dari tempat wisata yang ngin mereka kunjungin. Pada umumnya calon wisatawan yang memiliki aktivitas sangat sibuk tidak ada waktu yang cukup banyak untuk mendapatkan informasi empat wisatai secara akurat. Resiko bagi calon wisatawan yaitu tidak mengetahui dimana hari yang ramai pengenjung ataupun sepi pengunjung.

Adapun kendala lainnya yang dihadapi oleh calon wisatawan yaitu saat hari-hari raya berlangsung. Antrian panjang merupakan hal biasa yang sering terlihat pada saat musim mudik berlangsung. Calon wisatawan rela datang lebih awal bahkan menginap malam harinya di penginapan yang terdekat dengan tempat wisata yang ingin mereka kunjungi. Hal ini dikarenakan minimnya informasi tentang tempat wisata yang ingin mereka kunjungi bersama keluarga.

Dalam mencari informasi tempat wisata ini masih menggunakan cara yang sangat manual yaitu dengan cara bertanya ke teman ataupun sanak family.





Demi kelancaran pengguna dalam pencarian informasi tempat wisata secara akurat dan tepat, maka dengan ini kami membuat sebuah aplikasi informasi tempat wisata yang berbasis web. Dengan dapat memudahkan para pengguna dalam mendapatkan informasi tempat wisata yang dimana para wisatawan tidak perlu datang ke tempat wisata yang ingin mereka kunjungi dan keluarga hanya ingin mendapatkan informasi wisata.

1.2 Identifikasi Masalah

Adapun masalah  wisatawan yaitu :
1.      Para wisatawan masih melakukan mencari informasi wisata dengan bertetanya Tanya kepada kerabat, saudara, famili.
2.      Para wisatwan masih melalukan datang untuk langsung untuk mengetahui keunggulan wisaa tersebut.
3.      Para penumpang terkadang tidak tau hari apa yang ramai pengunjung dan sepi pengunjung.

1.3 Batasan Masalah

            Adapun yang menjadi batasan dari aplikasi yang kami rancang yaitu :
1.      Aplikasi dapat mengetahui informasi wisata hanya di satu kota.
2.      Aplikasi dapat mencetak tiket yang telah dipesan sebelumnya.
3.      Aplikasi dapat mengkonfirmasi apabila para pemesan telah membayar tiket yang telah di pesan sebelumnya.
4.      Para pemesan harus login dahulu untuk dapat melakukan pemesanan tiket.
5.      Pemesan harus daftar dahulu jika belum memiliki akun.

1.4 Rumusan Masalah

            Berdasarkan latar belakang di atas maka permasalahan yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana membangun aplikasi informasi tempat wisata berbasis web dan disitu para wisatawan dapat mengetahui  ?
2.      Bagaimana di dalam aplikasi tersebut para pengguna dapat mencetak tiket yang telah dipesan sebagai bukti pemesanan ?

1.5 Tujuan penelitian

            Adapun tujuan dari pembuatan aplikasi ini yaitu membantu para pengguna pemesanan tiket bus secara online agar mereka tidak perlu mengantri di loket tiket yang waktunya terkadang lama dan juga dapat memesan tiket lebih dari satu tiket.

1.6 Manfaat Penelitian

Kegunaan dari aplikasi yang kami rancang ini adalah :
1. Para pengguna tidak perlu datang ke loket tiket untuk membeli tiket.
2. Para pengguna bisa memesan dimanapun ia berada.
3. Para pengguna tidak perlu mengantri di loket tiket.

1.7 Metodologi Penelitian

Metode yang kami gunakan untuk mengerjakan aplikasi tiket bus online ini adalah menggunakan model spiral.
1.      Analisa Pengguna : Pada tahapan ini kami berinteraksi dengan para pengguna aplikasi ini agar pembangunan aplikasi nanti berjalan dengan lancer sesuai dengan kebutuhan pengguna.
2.      Desain : Pada tahapan ini kami membuat desain yang menarik dan simple agar para pengguna mudah memahami.
3.      Implementasi : Pada tahapan ini kami mulai mengkoding tentang aplikasi yang telah direncanakan dari awal.
4.      Pengujian : Pada tahapan ini kami menguji aplikasi kami yang telah kami buat untuk mengetahui kesalahan dan kekurangannya.
5.      Evaluasi : Pada tahapan ini kami mengevaluasi tentang aplikasi yang kami bangun agar menjadi lebih sempurna lagi.



1.8 Sistematika Penulisan

Bab I : Pendahuluan
Dalam Bab Pendahuluan terdiri dari beberapa sub bab, yang berisi Latar Belakang, Rumusan Masalah yang menjadi kajian program ini, Tujuan yang hendak dicapai, Metode Penelitian yang digunakan, serta Sistematika Penulisan.

Bab II : Landasan Teori
Landasan Teori dalam Bab II ini terdiri dari kerangka teori yang mendukung dalam penulisan Proyek I  dan mendefinisikan pengertian dan penjelasan tentang aplikasi berbasis  web.
Bab III : Analisa dan Perancangan Sistem
Menjelaskan tentang penguraian dari suatu sistem yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan yang terjadi sehingga dapat diusulkan perbaikannya.
Bab IV : Implementasi
Dalam Bab IV terdiri dari implementasi sistem, yang akan menguraikan cara kerja dari aplikasi berbasis web tersebut.
Bab V : Penutup
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya.


Post a Comment