Cara Membuat Blog Gratis Dengan Mudah

Cara Membuat Blog Gratis

Di Internet kata Blog sama sekali tidak asing, namun mungkin di antara kalian ada yang tidak tau Apa itu Blog?.

    Blog merupakan singkatan dari Web Log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan- tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Nah.. Sudah tau kan Apa itu Blog?.
Sekarang kita bahas tentang Cara Membuat Blog. Sebelumnya anda pilih dulu Platform yang ingin dipake, yang terkenal yaitu ada platform Blogger.com dan Wordpress. Disini saya hanya merekomendasikan Cara Membuat Blog di Blogger atau Blogspot.

Mungkin anda Bertanya kenapa Blogger disebut Blogspot? . Karena jika anda memakai Blogger, maka Blog anda nantinya akan diberi Sub Domain .Blogspot.com. Contoh: Saya Udin gambut

Untuk Membuat Blog Blogspot, anda harus membuat email Gmail.com terlebih dahulu. Karena nantinya akan di gunakan untuk Akses Login ke Blogger.com.untuk Cara Membuat Email Gmail.com. Jika anda sudah punya email gmail, selanjutnya ikuti Panduan Membuat Blog Gratis selanjutnya di bawah ini.

Sebelumnya sedikit Tips. Jangan bingung kalo ada yang menyebutkan Blogspot atau Blogger, karena itu semua sama yaitu Blogger.com.

Jika anda sudah punya email Gmail, selanjutnya anda buka alamat: www.blogger.com. Karena anda sudah mempunyai Email Gmail, langsung saja anda login. Pada kolom untuk login masukan Email Gmail yang sudah anda buat tadi dan Password lalu klik “Sign In atau Login”.



*Sebelum saya lanjutkan, ada Tips dari saya. Di dunia Developer/Web Developmen pasti akan selalu update atau mengubah tampilan Webnya. Jadi anda jangan bingung jika suatu saat nanti tutorial tidak sama dengan saat anda mempraktekannya. Silahkan anda cari jalan keluarnya, baca petnjuknya. Pasti anda akan bisa menemukan jalan keluarnya. Karena disetiap web pasti ada petunjuknya. Jangan takut untuk mencoba.

Ok. Kita lanjutkan.
Tadi setelah anda Login, akan ada halamanseperti in, ada pemberitahuan selamat datang.

Selamat datang di Blogger
Bahasa:
Konfirmasikan Profil Anda
Profil yang akan dilihat pembaca saat mereka melihat pos Anda ditampilkan di bawah. Penggunaan Profil Google+ akan memberi Anda identitas di properti Google dan menghubungkan Anda dengan pembaca, sehingga mereka dapat berbagi dan merekomendasikan konten Anda di web dan Google+. Jika Anda ingin menggunakan identitas lain seperti nama samaran, Anda dapat memilih Profil Blogger terbatas. Informasi lebih lanjut tentang profil di Blogger.

Langsung saja anda klik “Buat Profil Blogger Terbatas”. Lihat gambar dibawah ini.





Langkah selanjutnya, masukan “Nama Tampilan” dan klik “Lanjutkan ke Blogger”.



Sampai disini anda sudah selesai mendaftar di Blogger.com.
Ada sedikit catatan disini, yaitu karena Blogger sudah memperbaharui tampilannya yaitu “Tampilan Interface”. Saya sarankan anda memakai tampilan “Blogger Lawas”. Caranya pada “Dasbord Tampilan Baru (Interface).” seperti gambar dibawah ini




Anda klik Tombol pengaturan yang ada disebelah kanan atas yaitu tombolnya seperti ini:

Lalu akan muncul beberapa Pilihan, siliahkan anda klik “Antarmuka Blogger Lawas”. Lihat gambar dibawah ini:
cara membuat blog gratis

Maukan “Judul Blog” anda, Alamat blog (URL), . sebelum klik Lanjutkan, anda klik dulu “Cek Ketersediaan”, untuk mengecek apakah alamat Blog tersebut tersedia atau tidak.
Jika Blog Sudah tersedia, selanjutnya klik “Lanjutkan.”


Langkah selanjutnya, Pilih template awal. Silahkan pilih Template yang anda mau, jka sudah lalu klik “Lanjutkan”.


Langkah terakhir, sampai disini Blog Anda sudah selesai. Selamat Blog anda sudah jadi. Sekarang anda tinggal membuat artikel anda. Klik “Mulai Blogging”


Selamat anda berhasil membuat Blog. Untuk kembali membuat artikel, anda tinggal klik saja “Dasbor” lalu klik “Entri Baru”.

Nah demikian artikel ini, maaf kalo terlau panjang. Ya inilah namanya Tutorial. Selamat mencoba, jika anda ada kesulitan, silahkan tinggalkan kmentar.demikian semoga bermanfaat. “Happy Blogging”.

Sumber : Cyber

Post a Comment