Apa sih itu kekuasaan dan Kepemimpinan


DEFINISI KEKUASAAN
Kekuasaan (Power)adalah kapasitas yang dimiliki A untuk memengaruhi perilaku B, Sehingga B melakukannya sesuai keinginan A. Seseorang bisa jadi memiliki kekuasaan tapi tidak menggunakannya , baik berupa kemampuan maupun potensial. Aspek yang paling penting dari kekuasaan adalah apakah terdapat fungsi Ketergantungan. Ketergantungan disini berarti bahwa hubungan B dengan A, dimana A memiliki apa yang dibutuhkan B.
PERBEDAAN ANTARA KEPEMIMPINAN DAN KEKUASAAN
Kekuasaaan tidak memerlukan kesesuaian tujuan, hanya ketergantungan semata. Kepemimpinan, pada sisi lainnya memerlukan beberapa kesesuaian diantara tujuan-tujuan pemimpin dengan yang dipimpin.
DASAR KEKUASAAN
  1. Kekuasaan Formal, Kekuasaan ini didasarkan pada posisi seseorang individu dalam sebuah organisasi. Dapat berasal dari kemampuan untuk memaksa atau memberikan imbalan, atau dari wewenang formal.
a.    Kekuasaan Paksaan (Coercive power) dasar kekuasaan yang bergantung pada ketakutan atau hasil yang negatif akibat kegagalan untuk memenuhi.
b.    Kekuasaan Imbalan (Reward power), Pencapaian kepatuhan yang didasarkan pada kemampuan untuk mendistribusikan imbalan yang mana orang lain memandangnya berharga.
c.    Kekuasaan Legitimasi (Legitimasi power), Kekuasaan yang diterima oleh seseorang sebagai hasil dari posisinya didalam hierarkhi formal suatu organisasi.
  1. Kekuasaan Pribadi, Banyak para desainer cip yang sangat kompeten dan produktif di Intel memiliki kekuasaan, tetapi mereka bukan para manajer dan tidak memiliki kekuasaan formal. Apa yang mereka miliki adalah kekuasaan pribadi, yang berasal dari karakteristik individu. terdapat kekuasaan pribadi yang mendasar; keahlihan dan rasa menghormati serta mengagumi orang lain.
a.    Kekuasaan Karena Keahlihan (expert power) merupakan pengaruh yanhg didasarka pada keahlihan atau pengetahuan khusus. seiring dengan pekerjaan yang semakin terspesialisasi, kita menjadi semakin bergantung para ahli untuk mencapai tujuan.
b.    Kekuasaan Acuan (Referent Power) Pengaruh yang didasarkan pada identifikasi dengan seorang yang memiliki sumber daya atau sifat pribadi yang diinginkan.

Sumber : Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A, 2014, Organizational Behavior, 16th Edition, McGraw-Hill.




Post a Comment