KOMUNIKASI ORGANISASI



Jaringan Kelompok kecil yang Formal
Jaringan Organisais yang formal dapat menjadu lebih rumiy, meliputi ratusan dan setengah lusin atau lebih banyak level hierarkhi. ada beberapa model yang dapat dijelaskan yakni Rantai, Rodam dan seluruh Saluran. 
Rantai dengan ketat mengikuti rantai pemerintah yang formal atau resmi, jaringan ini mendekati saluran komunikasi yang akan anda temukan dalam ketiga level organisasi yang ketat. Roda bergantung pada tempat sentral untuk bertindak sebagai saluran seluruh kelompok. Hal ini menstimulasi jaringan komunikasi yang akan anda temukan pada sebuah tim dengan seorang pemimpin yang kuat. Jaringan Seluruh  saluran memperbolehkan para anggota kelompok untuk berkomunikasi satu sama lain secara aktif. Hal tersebut serimg dicirikan sebagai pelaksaan tim yang dikelola sendiri yang mana para anggota kelompok bebeas untuk memberikan kontribusi dan tidak ada seornag pun yang mengambil pran pemimpin.

Kabar Slentingan
Jaringan komunikasi informal dalam sebuah kelompok atau organisais disebut kabar selentingan. Meskipun rumor dan gossip dikirimkan melalui kabar selentingan yang informal, tetapi masih merupakan sumber informasi yang penting bagi para pekerja dan para kandidat ( yaitu para pekerja yang dicalonkan menerima promosi). Kabar selentingan atau informasi melalui perkatana mulut dari para rekan mengenai sebuah perusahaan memiliki pengaruh yang penting pada apakah para pelamar pekerjaan akan bergabung dengan organisasi atau tidak.

Lihat juga artikel komunikasi

Sumber : Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A, 2014, Organizational Behavior, 16th Edition, McGraw-Hill.



Post a Comment