Step cara meninta manga



Setelah kita membuat sketsa gambar manga kita, selanjutnya yang akan kita lakukan adalah menebalkannya dengan drawing pen atau dengan kuas (inking), namun sering kita sadari terkadang sketsa kasar gambar malahan lebih bagus dibanding yang telah ditinta, skill dalam penintaan sangatlah penting bagi mangaka.

Untuk itu, kali ini saya akan menunjukan tutorial penintaan manga.



Alat-alat yang biasa saya pakai


1. copi warna abu-abu
2. pulpen berwarna putih merk sakura dan snowman
3.drawing pen merk sakura dan artline
4. pensil mekanik
5. penghapus


Menggambar sketsa
Pertama, hal yang kita lakukan adalah menggambar sketsa, usahakan dalam menggambar sketsa menggunakan pensil mekanik HB agar hasil gambar tipis dan tidak membuat bekas pada kertas saat gambar telah jadi.




Penintaan

Tahapan kedua adalah mulailah meninta sketsa kasar kalian tadi, gunakan lah drawing pen yang berukuran 0,05 agar outline gambar lebih lembut dan tipis.



Penintaan ke-2
Berbeda dengan penintaan pertama kali ini penintaan ke-2 bertujuan memberikan berat pada garis, maksutnya adalah menebalkan garis-garis pada bagian tertentu contohnya seperti bagian leher atau bagian -bagian tertentu dengan maksut memberikan bayangan, gunakan drawing pen berukuran 0,1 -0,5.





Detail
Tahapan selanjutnya adalah memberikan detai pada gambar agar gambar lebih indah, kalian dapat melihat referensi sebelumnya agar lebih mudah dalam menggambar detail-detailnya.




Screentoning
Tahapan selanjutnya adalah memberikan efek berwarna abu-abu pada gambar(screentoning), kali ini saya menggunakan copic, jika kalian tidak memiliki copic, kalian dapat mengarsir manga dengan pensil 2HB-6HB, arsir lah manga pada bagian-bagian yang kalian inginkan warnanya lebih gelap, jika ingin lebih terang gunakanlah 6HB karna pensilnya keras saat di arsirkan ke kertas sebaliknya pensil 8B sangat lembut dan mudah patah.



Fine point
Tahapan terakhir adalah ambilah pulpen bertinta putih kalian, gunakan untuk membuat garis-garis dibagian tertentu untuk menegaskan garis gambar, contohnya pada rambut, detail dress dan di sekitaran gambar yang sama-sama berwarna hitam seperti antara tangan manga dan dress pada gambar diatas.


Sekian dulu untuk tutorial kali ini, semoga membantu kalian, keep sketching :)

Post a Comment