Belajar menggambar manga mulai dari mana?



Saya hobi menggambar mungkin kira-kira dari TK, namun baru mulai menggambar manga dari 5 tahun lalu, itu saat setelah saya menonton Death Note, saya mulai tertarik menonton anime dan menggambar manga juga, pada saat itu saya tidak berpikir, belajar manga itu dari mana? saya hanya menggambar manga dari contoh yang telah ada, berjalan seiring waktu skill gambar saya berkembang namun tidak signifikan. Nah jika saja saya tahu belajar manga itu dari mana dulu, mungkin rentan waktu 5 tahun dengan latihan rutin mungkin saya sudah bisa 10 tingkat dibawah Takeshi Obata-sensei heheheh. pembahasan kali ini adalah jika kalian ingin belajar sesuatu ketahuilah dulu dari mana kalian harus mulai.

 dibawah ini  yang kalian harus mulai jika ingin belajar menggambar manga:

  1. Anatomi tubuh manusia, ini adalah hal yang terpenting jika kalian ingin menggambar manga, jika biasanya kalian  meniru gambar-gambar yang telah ada, kalian jangan hanya meniru manga dengan satu perspektif ataupun hanya gambar dengan posisi datar, cobalah meniru menggambar manga dengan berbagai perspektif dan berbagai pose, berlari, duduk, tidur ataupun pose-pose keseharian lainya. Jika kalian sudah cukup sering dalam melatih mata dan tangan kalian dalam meniru gambar manga, perlahan kalian akan mengerti anatomi tubuh dan mampu menggambar tanpa contoh sekalipun.


    pola pose manga yang saya gambar berdasarkan mengamati  gerak keseharian
  2. Wajah manga, mulailah belajar menggambar wajah manga, mulai dari mata,hidung,telinga,rambut dan komponen wajah lainya, menggambarlah dengan ekspresi datar dulu dengan perspektif 1/2, 3/4 dan lainya.
  3.  
  4. Ekspresi, setelah melewati tahap pertama dan kedua yang sangat sulit, hal yang sangat penting lainya adalah ekspresi. Dalam menggambar manga ekspresi adalah bagaiamana kita mengungkapkan perasaan tokoh tidak hanya dengan kata-kata namun raut wajah,eksperi wajah lebih penting dari kata-kata apapun, kalian dapat belajar menggambar ekspresi dari manga dan mengamati orang-orang sekeliling kalian.
    Berbagai ekspresi manga
  5. Fashion, jangan sepelekan hal yang satu ini, jika manga kalian tidak memiliki cirikhas, nah bagaimana orang akan mengenali karakter manga anda? cosplayer juga tidak tertarik dalam menggunakan tokoh manga kalian. Seorang mangaka juga harus update dalam fashion dan memiliki chiri khas, dan harus banyak referensi dari berbagai buku, contoh saja Yana Toboso-sensei dia mengambil Victorian fashion abad 18an sebagai sumber manganya Black Butler, dan Takeshi Obata-sensei dengan fashionya yang gothic dengan gaya realistic. Jangan takut dengan gaya kalian!
    Fashion manga dengan berbagai gaya
  6. Background, setelah fashion kalian juga harus belajar menggambar berbagai bangunan, pepohonan dan berbagai hal dengan berbagai perspektif juga.

    the breaker
  7. Inking dan toning, setelah belajar bagaimana menggambar sketch manga, kalian juga harus belajar membuat line yang lembut dengan alur yang rapi, bagaimana jika setelah menggambar sketch bagus-bagus namun dihancurkan dengan inking yang buruk, ini pengalaman saya juga hehhehe.Tidak usah dulu membeli screentone yang mahal, cobalah mengarsir atau membuat tekstur manga kalian dengan drawingpen atau pensil.
    Beberapa contoh screentone yang saya gambar manual
  8. Coloring, setelah penantian panjang, kali ini saatnya belajar mewarnai yeayy, kalian tidak usah memaksakan untuk membeli copic yang satu harganya Rp. 50.000, mulailah dengan pensil warna yang kalian miliki dulu, kalau saya suka menggunakan fabercastell watercolor cake, karena harganya murah dan lumayan juga. 
    watercolor art

Semoga runtutan yang cukup panjang ini bisa membantu kalian yang lagi bingung untuk memulai menggambar manga darimana, semoga artikel ini dapat membantu kalian, happy sketching :D

Post a Comment